Materi MPLS 2025 - Pengenalan Kurikulum

Randy Ikas
03 Juli 2025 2 x MPLS

Tema: "Petualangan Belajar Baru: Jelajahi Bakat, Ciptakan Karyamu Sendiri!"

Pembukaan (oleh Pemandu/Kakak OSIS/Guru)

"Selamat pagi, Adik-adik, calon orang-orang hebat dari Amfoang Timur! Masih semangat? Harus!

Baik, hari ini kita akan bicara tentang 'aturan main' baru di sekolah kita. Mungkin ada yang dengar dari kakak-kakak atau baca di internet tentang yang namanya Kurikulum Merdeka. Apa itu? Apakah artinya kita bisa belajar sesuka hati? Atau tidak perlu ikut aturan? Tenang... bukan begitu.

Kurikulum Merdeka ini justru adalah cara belajar baru yang lebih asyik, lebih mendalam, dan lebih sesuai dengan bakat dan minat kalian masing-masing. Anggap saja, kalian semua ini punya sayap. Nah, tugas sekolah dengan kurikulum ini adalah membantu kalian belajar cara terbang setinggi-tingginya!"


Pemanasan: Games "Jika Saya..."

Sebelum kita mulai, ayo kita berandai-andai dulu. Kakak akan sebutkan sebuah profesi, dan kalian lanjutkan dengan satu aksi hebat.

  • Aturan Main:

    1. Kakak bilang: "Jika saya jadi seorang ilmuwan..."

    2. Kalian lanjutkan dengan cepat: "...saya akan menemukan obat untuk semua penyakit!" atau "...saya akan membuat robot yang bisa bantu mama di kebun!"

    3. Kita coba lagi: "Jika saya jadi seorang seniman..." atau "Jika saya jadi seorang pengusaha..."

  • Tujuan Games: Untuk memancing imajinasi dan cita-cita kalian, karena Kurikulum Merdeka ini adalah tentang membantu kalian meraih cita-cita itu.


Bagian 1: Apa Itu Kurikulum Merdeka? (Aturan Main Baru yang Lebih Asyik!)

Sederhananya begini, Adik-adik. Dulu, mungkin belajar itu seperti kita makan di warung yang menunya sudah ditentukan. Semua harus makan menu yang sama.

Nah, Kurikulum Merdeka ini seperti kita datang ke acara pesta besar. Ada banyak sekali makanan enak (pelajaran). Kalian diberi kebebasan untuk memilih dan mendalami makanan (pelajaran) yang paling kalian suka dan paling kalian butuhkan untuk masa depan.

Tujuannya apa? Tujuannya bukan cuma dapat nilai bagus di rapor, tapi untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Yaitu siswa yang:

  1. Beriman & Bertakwa (Religius)

  2. Berbinekaan Global (Hargai perbedaan, cinta budaya lokal)

  3. Gotong Royong (Kitong pung ciri khas!)

  4. Mandiri (Bisa diandalkan)

  5. Bernalar Kritis (Tidak gampang percaya hoax)

  6. Kreatif (Punya banyak ide)


Bagian 2: Belajar Mendalam & Struktur Kurikulum (Bangun Fondasi Dulu!)

Di Kurikulum Merdeka, kita tidak lagi kejar tayang banyak materi. Kita akan fokus pada Pembelajaran Mendalam.

  • Apa itu Pembelajaran Mendalam? Ini bedanya: Daripada kita tahu nama 100 jenis ikan tapi cuma di permukaan, lebih baik kita jadi penyelam ahli yang paham betul ekosistem di satu terumbu karang. Artinya, kita akan belajar lebih sedikit topik, tapi kita kupas tuntas sampai ke akar-akarnya sampai kalian benar-benar paham. Lupakan Sistem Kebut Semalam (SKS)!

  • Bagaimana Strukturnya di SMA?

    • Fase E (Kelas X - Tahap Fondasi): Di kelas X ini, kitong semua sama-sama akan membangun fondasi rumah yang kuat. Semua akan belajar mata pelajaran inti (IPA, IPS, Matematika, dll) yang sama. Tujuannya supaya fondasi kalian kokoh sebelum memilih mau bangun kamar seperti apa.

    • Fase F (Kelas XI & XII - Tahap Pilihan): Nanti di kelas XI, setelah kalian tahu minat dan bakatmu di mana, kalian baru boleh memilih untuk lebih fokus. Mau jadi anak Saintek (IPA), Soshum (IPS), atau Bahasa.

Games Seru: "Detektif Minat"

Ayo kita coba jadi detektif untuk diri sendiri. Ambil kertas dan pulpen, tulis jawaban dari 3 pertanyaan ini secepat mungkin:

  1. Satu mata pelajaran yang paling kau suka saat di SMP?

  2. Satu masalah yang ada di kampungmu yang ingin sekali kau selesaikan? (Contoh: sampah, air bersih, jalan rusak)

  3. Satu kegiatan (hobi) yang kalau kau kerjakan, kau bisa lupa waktu?

  • Tujuan Games: Jawaban-jawaban ini adalah petunjuk awal, jejak-jejak detektif yang bisa mengarahkanmu pada pilihan fokusmu di kelas XI nanti.


Bagian 3: Bagian Paling Seru: PROJEK P5! (Belajar Sambil Bikin Karya Nyata)

Inilah yang membedakan Kurikulum Merdeka! P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah saatnya kita belajar keluar dari buku dan langsung praktik di dunia nyata.

  • Contoh Projek P5 di SMAN 2 Amfoang Timur:

    • Tema: Kearifan Lokal.

    • Masalah: Banyak anak muda mulai lupa dengan cerita rakyat atau makanan khas dari Amfoang.

    • Aksi Nyata (Projek): Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada yang bertugas mewawancarai orang tua/tokoh adat untuk mengumpulkan cerita. Ada yang belajar memasak makanan khas. Ada yang membuat video dokumenter atau pertunjukan teater berdasarkan cerita itu. Hasilnya dipamerkan di acara sekolah.

    • Lihat? Kalian belajar Sejarah, Bahasa, Seni, dan TIK dalam satu kegiatan yang seru dan nyata!

Games Seru: "Ide Gila P5"

  • Aturan Main:

    1. Tetap dalam kelompokmu.

    2. Kakak akan beri satu tema P5, contohnya "Gaya Hidup Berkelanjutan".

    3. Dalam 5 menit, diskusikan satu "ide gila" atau proyek kreatif yang bisa kelompokmu lakukan dengan tema itu di sekolah kita.

    4. Kelompok yang paling kreatif akan presentasi singkat.

  • Tujuan Games: Melatih kreativitas, kerja sama (gotong royong), dan membuktikan bahwa kalian semua mampu menciptakan ide-ide hebat.


Penutup

Adik-adik, Kurikulum Merdeka memberikan kalian kebebasan dan kepercayaan yang lebih besar. Tapi ingat, kebebasan datang dengan tanggung jawab.

Sekolah dan guru-guru sekarang lebih berperan sebagai fasilitator atau pemandu. Yang menjadi pilot dari pesawat pendidikan kalian adalah kalian sendiri. Kalian yang menentukan arah, kalian yang menentukan seberapa tinggi kalian mau terbang.

Jangan sia-siakan kesempatan ini. Jadilah siswa yang proaktif, kreatif, dan jangan pernah takut untuk mencoba. Selamat datang di era belajar yang baru dan lebih menggembirakan!

Terima kasih!

MPLS

Berita Terpopuler

Kolom Komentar


Berikan Komentar

Alamat Email anda tidak akan ditampilkan. Wajib diisi untuk kolom *